Perdamaian Di Bumi

Seluruh Bumi adalah tempat yang indah. Tidak pantas kita ini berperang. Tidak pantas kita ini memberi label pada diri sendiri dan orang lain, menjadi terpisah karena agama, negara, status sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan.

Apakah hal yang memisahkan kita adalah nyata? Tentu saja tidak. Semua itu adalah buatan manusia, yang rela agar perbudakan dan pertumpahan darah terjadi, hanya karena hasrat egositiknya.

Itulah mengapa, manusia dapat lebih rendah daripada sebatang pohon, yang tumbuh dalam kemuliaan bersama angin dan pergantian musim.

Tentu saja setiap manusia yang hadir di Bumi tidak pernah sama, tidak satupun, karena bukan begitu cara alam bekerja. Maka mengapa kehidupan menjadikan itu sebagai alasan untuk berperang dan dengan kuat memisahkan kita?

Keberagaman adalah nilai yang patut dirayakan oleh seluruh umat manusia!

Oleh karena aku berbeda darimu, maka aku mampu merayakan kehadiranmu; bisa menjadi antusias dan tertarik, tidak pernah bosan untuk menggali kedalaman hidup dan tenggelam di dalam petualangan…

Sungguh, hari ini adalah dunia yang tidak masuk akal, tidak seperti seharusnya. Terlampau jauh orang-orang berjalan ke arah yang salah, tidak sadar, berjalan saja ke arus yang sudah dibuat itu.

Menyedihkan. Bumi yang indah hanya dapat kuresapi saat daun-daun mulai berguguran, memberi pertanda akan regenerasi, kehidupan yang baru.

Untuk itu, jiwa-jiwa yang sudah tua akan mengenalinya. Bukan dongeng tentang penyelamat atau keselamatan, yang dengan mudah dijadikan permainan untuk menggiring orang-orang masuk lebih dalam ke jalur yang sudah dibuat salah itu.

Momentum itu terjadi saja! Seperti daun-daun yang harus gugur jika sudah saatnya! Daun-daun yang baru mencari jalannya untuk menumbuhkan semerbak cintanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s